2013-03-11

Kumpulan Makanan Khas Bandung Secara Lengkap

Seperti yang info-asik sebutkan diatas, makanan khas itu memang sudah menjadi ciri dari kota bandung. Dan mari kita bahas secara detail dan lengkap.

1. Tutug Oncom
Makanan Khas Bandung yang Maknyus
Nama Tugug Oncom, tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Sunda. Makanan ini, sering dihidangkan disetiap rumah-rumah masyarakat di tatar Sunda. Bahkan, kini makanan tersebut sudah dijual di warung-warung makan yang memiliki menu masakan khas Sunda.
Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat.

Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk. Proses aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom.
Nasi tutug oncom menjadi makanan khas Tasikmalaya. Walaupun menjadi makanan khas, tutug oncom tidak dapat dibawa menjadi oleh-oleh karena mudah hilang cita rasanya dalam jangka waktu yang tidak lama setelah diracik.

2. Serabi Bandung
Makanan Khas Bandung yang Maknyus
Serabi awalnya dibuat dari tepung beras, pandan, vanilla, gula, santan kelapa dan garam tanpa bahan pengawet.  Istimewanya, tepung beras ditumbuk secara tadisional agar rasa gurihnya tetap terjaga. Selain dari bahan bakunya, serabi juga memiliki ciri khas dari cara dan proses memasaknya

Serabi dimasak menggunakan semacam cobek kecil yang terbuat dari tanah liat, dan dimasak dengan menggunakan kayu bakar. Cara ini dipilih karena rasa serabi sehingga terasa lebih gurih. Jika dimasak dengan semacam wajan kecil dari alumunium misalnya, rasanya akan berbeda, dan tidak memiliki kekhasan tersendiri.

3. Pepes Nasi Bandung
Makanan Khas Bandung yang Maknyus
Pepes nasi merupakan menu favorit para orang bandung. Ragam pepes mulai dari pepes usus, pepes ikan mas, pepes teri medan, pepes jamur, pepes tahu, pepes ikan peda dan pepes nasi. Untuk pepes yg terakhir ini terus terang kami belum pernah coba langsung dari sang pionir. Pas ke Bandung pasti tidak sempet hunting. Malah nemu resep pepes nasi, langsung deh dicoba. Semua resepnya sama. Percobaan pertama pas ada temen kantor dan istrinya datang ke rumah, semua bilang "enak sekali".




4. Colenak Bandung
Makanan Khas Bandung yang Maknyus
Colenak, nama yang unik untuk sebuah makanan. Tidak hanya namanya, rasa yang tercipta juga berikan cita rasa khas dan spesial. Paduan tape dengan gula merah, berikan nikmat di setiap gigitan camilan para juragan ini.

Ya, memang colenak sudah menjadi santapan para juragan keraton pada masa penjajahan Indonesia dulu. Pemilik Colenak Murdi Putra, Ajah Sofya, mengungkapkan colenak Murdi Putra ini sudah ada sejak tahun 1930. Nama Murdi Putra sendiri merupakan nama ayahanda Ajah.


5. Cireng Bandung
Makanan Khas Bandung yang Maknyus
Cireng merupakan nama unik dari makanan ringan, yaitu Aci Di Goreng, cara makannya yaitu dicocol sama saos. seperti halnya makan Naget. Kalo mau coba buat sendiri juga bisa. Dengan bentuk dan rasanya yang berbagai macam menjadikan makanan ini wajib dicoba kalau anda sedang dibandung. Rasa cireng ada berbagai macam seperti rasa keju, kornet, oncom, sosis, kacang, bakso, daging ayam, daging sapi dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Birthday Cake Blue Cursors at www.totallyfreecursors.com