2013-03-11

makanan khas arab saudi

awarma 2

segini neh harganya 3 real…
3. falafel, asal makanan ini dari Mesir, terbuat dari kacang Arab yang digiling dan kemudian dipadatkan dan dibuat bola-bola kecil lalu digoreng menggunakan minyak panas (perasaan mirip kek perkedel dech…)

ini nie yang namanya falafel…
Falafel biasanya disajikan di dalam sebuah roti pipih mirip pita yang disebut lafa.

nie roti kalo dipotong jadi dua, tengahnya bolong kayak kantong, buat isi falafel, roti pita jenis kek gini dijual bebas di toko-toko (baqalah) sehingga kita bisa bikin sendiri di rumah, ngirit gtu loh…
Katanya sih, di banyak negara, falafel dijual sebagai makanan siap saji yang populer. Bola-bola falafel biasa ditambahi dengan selada, asinan dan acar sayuran, semacam seledri (badognes) serta saus pedas.

yang kek gini aku belum pernah nyoba, orang sono nyebutnya tha’miyya.


Ada varian lain dari falafel ini, yaitu bungkusnya berupa khubuz bulat nan tipis dan disajikan seperti cara bungkus lumpia, ini yang pernah kunikmati. harganya sekitar 3 real-an juga…
4. sandwich, gak asing lagi sama yang satu ini kaan…, aku juga suka bikin sendiri di rumah, tapi kadang juga pingin beli kek gini,

ini beli di mekkah, isinya kentang n nugget ayam, saos n mayonaise, rasanya kurang oke sich, harganya 3 real…, dibanding yang di bawah ini:

ini mah sandwich plus…plus…plus…, rasanya eunaak tenann, irisan daging ayam, saos, mayonaise, plus…ada kentang goreng, dicolek pake pasta garlic, saos tomat n saos sambal, plus… (pssttt…dikasih ma temen……he…he…) kutaksir, harganya sekitar 7 real-an…
5. paratha, ini makanan khas india, bentuk n rasanya kayak roti maryam yang ada di indonesia, gurih… Paratha yang pernah kubeli, disukai banget ma orang-orang india, kayaknya mereka fanatik banget sama makanan asli daerahnya dech… (mungkin biar serasa di rumah sendiri kali…)

cara makannya dicampur sama olahan semacam labu jipan, yang diolah pake bumbu masala/curry… (kayak gule…), harganya sekitar 1 real dapat dua lembar paratha plus curry-nya.
paratha mentah

paratha matang

ada lagi paratha yang mall punya, artinya, banyak dijual di mall, harganya 4-5 real, isi 5 lembar, tinggal digoreng di atas loyang yang diolesi margarin, disajikan dengan ditaburi gula atau madu…
6. broast stead chicken, mirip banget sama KFC, pamornya mengalahkan KFC di sana. Olahan daging ayam yang digoreng kriting pake tepung, disajikan bersama kentang goreng, saos dan sambal tomat, pasta garlic, nah…nie yang beda…, kalo di indo makannya pake nasi, tapi kalo di saudi makannya pake khubuz (roti bulat nan gepeng).
broasted ayam

harganya sekitar 12-15 real, lengkap…dengan 5 buah potong ayam

sumber: http://riangold.wordpress.com/2011/02/05/makanan-khas-saudi-arabia/

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Free Birthday Cake Blue Cursors at www.totallyfreecursors.com